Kamis, 11 Juli 2013

Alif Washal Yang Agak Membingungkan (Bagian Pertama)

Alif washal sering disebut dengan hamzah washal. Kita biasa mengenal huruf hamzah berupa kepala huruf 'ain. Karena di dalam hamzah washal tidak ada gambar huruf hamzah seperti yang biasa kita kenal, agar tidak bingung kita pakai saja istilah alif washal. Tanpa banyak teori, kita lihat saja tulisan Al-Qur'an surah Al-Fatihah yang saya ambil dari mushaf cetakan timur tengah di bawah ini.


Alif washal adalah huruf alif yang apabila dibaca bersambung (di-washal-kan) dengan bacaan sebelumnya, maka alif tersebut tidak dilafalkan. Tetapi bila tidak disambung dengan bacaan sebelumnya, alif tersebut dilafalkan "a", "i", atau "u". Di mushaf Al-Qur'an cetakan timur tengah, alif washal ditandai di atasnya dengan tanda kepala huruf shad, atau tanda seperti dhammah yang ekornya patah. Untuk mudahnya sebut saja tanda cacing seperti 3 huruf alif yang saya beri lingkaran merah pada gambar di atas. Sebenarnya pada gambar di atas ada banyak alif washal, tetapi hanya 3 yang saya lingkari yaitu yang berada di awal ayat. Karena biasanya di awal ayat kita membaca tidak disambung dengan ayat sebelumnya, maka kita perlu tahu cara membaca huruf-huruf alif seperti pada contoh gambar di atas.

Kebanyakan kita hafal surah Al-Fatihah. Mestinya kita tahu bahwa alif pertama yang saya lingkari, yaitu awal ayat 2 dibaca "a", jadi ayat 2 surah Al-Fatihah diawali dengan "al-ham-du", bukan "ul-ham-du" atau "il-ham-du". Demikian juga ayat 3, alif washal yang saya lingkari dibaca "a". Sedangkan pada ayat 6 alif washal yang saya lingkari dibaca "i".

Di dalam Al-Qur'an banyak sekali alif washal yang berada di awal ayat. Beberapa contoh saya tampilkan di bawah ini.

Qur'an Surah At-Taubah (surah ke-9) ayat 97
 

QS Al-Baqarah 2:27

QS An-Naml 27:37

QS Al-Fajr 89:28

QS An-Naml 27:28

QS Yasin 36:21

QS Shad 38:42

QS Yusuf 12:9

Meskipun tidak di awal ayat, apabila di tengah ayat ada tanda waqaf (tanda berhenti), kita biasanya juga tidak menyambung bacaan alif washal setelah tanda waqaf dengan bacaan sebelumnya seperti pada alif washal di bawah ini.

QS Al-Maidah 5:75

QS Al-Ahqaf 46:4 di bawah ini.

Kadang-kadang di tengah ayat, walaupun tidak ada tanda waqaf, bila nafas kita tidak kuat kita harus menghentikan bacaan. Apabila kita memulai lagi bacaan pas huruf alif washal, kita juga harus tahu cara membacanya seperti alif washal di bawah ini.

QS Ali Imron 3:45

QS Ali Imron 3:155

Bagaimana cara membaca huruf-huruf alif washal sebagaimana contoh di atas? Ikuti terus tulisan saya untuk mendapatkan jawabannya.

Catatan:
Istilah alif washal sebenarnya kurang tepat, karena huruf alif tidak pernah dilafalkan. Huruf alif tidak pernah menerima harakat (fathah, kasrah, dhammah, sukun). Yang dilafalkan "a", "i" atau "u", maupun disukun "'" adalah hamzah, walaupun kita tidak menemukan bentuk huruf hamzah disitu. Jadi, istilah yang lebih tepat adalah hamzah washal.

16 komentar:

  1. jadi harus dibaca bagaimana? 'a' 'i' atau 'u'? kenapa harus a? knapa hatus I? knapa harus u?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan baca disini http://my-sweetthots.blogspot.com/2014/09/tajwid-cara-bacaan-hamzah-wasal.html InsyaAllah membantu

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Setahu ku jika ada hamzah washal, liat huruf keduanya. Jika huruf lam, maka hamzahnya dibaca a. Jika bukan lam, maka liat huruf ketiga. Apa harakat nya. Jika fathah, dibaca i. Jika kasrah dibaca i. Jika dammah dibaca u. Cmiiw

      Hapus
    4. Silakan baca bagian ketiga ini: http://kelanadunia.blogspot.co.id/2013/08/alif-washal-yang-agak-membingungkan.html

      Hapus
  2. in mana lanjutannya akh -_-a?

    BalasHapus
  3. Lanjutan tulisan ini dan semua tulisan saya tentang Al-Qur'an bisa dibaca di http://kelanadunia.blogspot.com/search/label/Al-Qur'an

    BalasHapus
  4. Syukron katsir ya akhi.. Sangat terbantu saya,,

    BalasHapus
  5. Jika sebelum huruf alif washal ada tanwin maka alif washal nya dibaca ni jika harakat huruf ke-2 setelah alif washal adalah i atau a, dan dibaca nu jika harakst huruf ke-2 setelah alif washal adalah u.

    BalasHapus
  6. semoga jd amal jariyah terima kasih

    BalasHapus
  7. Sangat terbantu dengan contoh2nya dan cara bacanya. Jazakumullah

    BalasHapus
  8. Alif diawal washal huruf ke 2 sukun dan hurud ke 3 ada yang berbaris pathah, dommah dan kasroh. Bagaimana cara membaca huruf alif tersebut? Mohon penjelasannya!

    BalasHapus