Rabu, 10 Juli 2013

Untuk Pertama Kalinya Awal Ramadhan Arab Saudi Sama Dengan Pemerintah Indonesia Tetapi Berbeda Dengan Muhammadiyah

Sudah lama tidak ngeblog nih. Mengetahui perbedaan penetapan awal Ramadhan sudah biasa. Tetapi kali ini tidak biasanya. Kalau penetapan awal Ramadhan, Syawal atau Dzulhijjah berbeda antara pemerintah Indonesia dengan Muhammadiyah, biasanya penetapan pemerintah Arab Saudi sama dengan Muhammadiyah. Tetapi bulan ini, Ramadhan 1434 H, penetapan awal Ramadhan pemerintah Arab Saudi sama dengan pemerintah Indonesia tetapi berbeda dengan Muhammadiyah.

Sebagaimana kita ketahui bersama, pemerintah Indonesia menetapkan awal Ramadhan 1434 H bertepatan dengan hari rabu 10 Juli 2013, sedangkan Muhammadiyah menetapkan awal Ramadhan 1434 H bertepatan dengan hari selasa 9 Juli 2013. Ternyata, pemerintah Arab Saudi juga menetapkan awal Ramadhan 1434 H bertepatan dengan hari rabu 10 Juli 2013, sama dengan pemerintah Indonesia, di antaranya dimuat di berita detik ini: Mesir dan Arab Saudi Tetapkan Awal Ramadan 10 Juli

Pak Mutoha sudah melakukan kompilasi hasil keputusan sidang itsbat penentuan awal Ramadhan, Syawal dan Dzulhijjah di Indonesia selama lebih dari 23 tahun terakhir, dibandingkan dengan keputusan Muhammadiyah dan pemerintah Arab Saudi. Selengkapnya bisa dibaca di 23 Tahun Keputusan Sidang Isbat Penentuan Awal Bulan Ramadhan, Syawwal dan Zulhijjah di Indonesia (Updated). Di bawah ini saya salinkan tabelnya.


Bila diperhatikan pada tulisan berwarna biru pada tabel di atas, terlihat bahwa apabila pemerintah Indonesia berbeda dengan Muhammadiyah, selalu Arab Saudi sama dengan Muhammadiyah. Apa artinya kalau kali ini tidak begitu? Silakan dianalisa sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar