Sabtu, 20 Juli 2013

QuranFlash Tajwid Versi Mushaf Cetakan Indonesia

Di internet banyak tersedia software Al-Qur'an yang bisa diunduh dengan gratis. Salah satunya yang cukup menarik bagi saya adalah quranflash yang bisa diunduh di http://v2.quranflash.com/en/download/index.html. Sebagaimana namanya, software ini menampilkan mushaf Al-Qur'an tajwid dalam bentuk flash di komputer kita yang sangat mudah digunakan.

Namun sayangnya, mushaf Al-Qur'an tajwid yang ditampilkan quranflash menggunakan standar penulisan mushaf Al-Qur'an cetakan Timur Tengah yang kurang familiar bagi sebagian umat Islam Indonesia. Karena itu, saya mencoba mengganti isinya dengan tulisan dari software Al-Kalam Al-Qur'an Tajwid Digital versi 1.0 yang dibuat oleh Penerbit Diponegoro Bandung. Inforrmasi lebih lengkap tentang software Al-Kalam Al-Qur'an Tajwid Digital bisa dilihat di http://www.penerbitdiponegoro.com/bookdetails.asp?b=73.

Salah satu contoh perbedaan penulisan dari software asli quranflash dengan yang sudah saya ganti isinya ada di bawah ini.

quranflash dengan tulisan standar mushaf Al-Qur'an cetakan Timur Tengah

quranflash dengan tulisan yang sudah diganti dengan tulisan standar mushaf Al-Qur'an cetakan Indonesia

Silakan diunduh software quranflash yang telah saya ganti isinya tersebut di tautan ini: http://www.mediafire.com/download/8vbf7bm4431acwy/quranflash_tajwid_ind.zip (mediafire iklannya nyebelin, saya ganti google drive, update 23 september 2013). https://googledrive.com/host/0B4pVgZVvR60zM3VFMWN2R2N4VFU/quranflash_tajwid_ind_rev.zip. https://drive.google.com/file/d/0B4pVgZVvR60zbk1KSnBqbHduY00/view (tautan berubah, update 02 Oktober 2016). Semoga bermanfaat.

Catatan (update 22 Juli 2013).
Jangan lupa dalam penggunaan mushaf Al-Qur'an cetakan Indonesia. Bila ada tanda akhir ayat atau tanda waqaf diikuti dengan huruf alif yang berharakat, jangan sekali-kali disambung bila tidak yakin cara bacanya. Saya ambil contoh 2 ayat di bawah ini.

QS Shod 38:42

QS Maryam 19:38

Pada ayat yang atas bila QS 38 ayat 41 disambung dengan ayat 42 dibaca: "... -wa-'a-dzaa-bi-nir-kudh-bi-rij-li-ka-...". Sedangkan pada ayat yang bawah, bila QS 19 ayat 37 disambung dengan ayat 38 dibaca: "... -'a-zhii-min-as-mi'-bi-him-wa-ab-shir-...". Jadi cara menyambungnya beda. Karena itu bila tidak yakin cara menyambungnya, jangan dilakukan.

Sebaliknya, bila ada tanda akhir ayat atau tanda waqaf diikuti huruf alif tidak berharakat, jangan sekali-kali diputus bila tidak yakin cara bacanya. Contohnya adalah QS Al-Ahqaf 46:4 di bawah ini.

Setelah tanda waqaf yang saya beri lingkaran biru ada huruf alif (lingkaran merah) tidak berharakat, jangan sekali-kali diputus bila tidak yakin cara bacanya, artinya ya disambung saja bacanya jadi: "... -fis-sa-maa-waa-ti'-tuu-nii-...".

34 komentar:

  1. saya sudah lama cari mushaf indonesia, akhirnya ketemu juga.
    mohon izin download. semoga amal kebaikan antum, menjadi amal soleh yang diridhoi Allah SWT. Amin. Jazakalloh Khoeron Katsiero.

    BalasHapus
  2. Hatur nuhun ustadz :) semoga pahala shodaqah jariyah senantiasa mengalir.. dr jutaan orang yang merasakan manfaatnya :D

    BalasHapus
  3. mohon izin download...jazakallahu khayran katsiro ya ustadz...(Lalu Ardhian M)

    BalasHapus
  4. Mohon cek halaman mushaf 395 (QS al qosos 78-84), ada keliru pasang ke hlm. 295.. (qs al kahfi 16-20)...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh iya, maaf, sudah saya ganti filenya (tadinya quranflash_tajwid_ind.zip sekarang berubah jadi quranflash_tajwid_ind_rev.zip), tapi belum sempat saya beri keterangan. Terimakasih.

      Hapus
  5. Alhamdulillah, terima kasih. mohon izin saya download.. wslm

    BalasHapus
  6. Jazakallah,ini sangat bermanfaat buat ana yag guru tahfizh

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah, sangat bermamfaat. Semoga usaha dan kreatifitas Anda ini dibalas oleh Allah. Mohon ijin download.

    BalasHapus
  8. alhamdulillah syukron ya akhi,,,,,,,,,ini sangat bermanfaat,,,,semoga kebaikan anda di balas oleh ALLAH,,,,AMINNN

    BalasHapus
  9. Terimakasih bgt dengan quranflasnya, semoga diberikan balasan dari Allah dan mendapatkan pahala semua orang yang tilawah menggunakan mushaf ini.
    Kalau utk versi android ada gak yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di android sebenarnya ada banyak software Al-Qur'an gratis. Silakan coba mencari sendiri di https://play.google.com/store. Tetapi saya belum mengecek apakah ada yang versi mushaf cetakan Indonesia. Kalau memang tidak ada, in sya Allah saya bisa bantu mengganti isinya seperti quranflash ini.

      Hapus
    2. setahu saya di android sudah ada yg mushaf indonesia, search saja di playstore "quran indonesia", lalu pilih yg dari "unpam".
      wassalaamu 'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

      Hapus
  10. jazaakalloh khoir.. semoga menjadi amal jariyah ustadz...

    BalasHapus
  11. saya mau tanya, pada al-qur'an versi indonesia, di beberapa tanda waqaf, saya menemukan ada tanda yang "mirip" angka 5 arab di bawah tanda waqaf tersebut, misalnya pada surah ar-ra'd [13] ayat 16-17, pada tanda waqaf lam alif, jim, qaf lam. setelah saya hitung, totalnya ada 97 buah tanda, dengan rincian: waqaf lam alif = 49, waqaf qaf lam = 31, waqaf jim = 15, waqaf shad lam = 1, waqaf titik tiga = 1, (kalau tidak percaya bisa dihitung sendiri, sekalian sebagai data pembanding, jika hitungan saya salah). itu maksudnya apa/tujuannya apa? lalu apa nama "resmi" tanda tersebut (yang "mirip" angka 5 arab)?

    mungkin itu dulu, terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah dapat jawaban dari forum myquran (http://myquran.or.id/forum/showthread.php/76171-Tanda-Apakah-Ini)

      In sya Allah tanda itu menunjukkan bahwa di ayat tersebut ada perbedaan pendapat, apakah dia masuk akhir ayat atau tidak. Ada ulama yang berpendapat disitu adalah akhir ayat, makanya ditandai dengan tanda bulatan / angka 5 dlm bahasa arab, ada yang berpendapat itu bukan akhir ayat maka diberi tanda waqaf yang lain.

      Hapus
  12. terima kasih atas jawabannya, mengenai tanda yang "mirip" angka 5 arab di bawah tanda waqaf pada al-qur'an versi indonesia.

    saya mau tanya lagi, pada awalnya saya mengira bahwa "teks" al-qur'an di seluruh penjuru dunia itu sama dalam hal "sistem tanda baca" yang dipakai, mungkin yang berbeda hanya pada bentuk tulisan arabnya saja, tergantung di negara mana "teks" al-qur'an itu ditulis, sebab tulisan tiap-tiap orang itu pastinya berbeda-beda satu sama lainnya. tetapi seiring berjalannya waktu, saya mendapati ada "teks" al-qur'an dengan "sistem tanda baca" yang berbeda, yang tidak lain adalah "sistem tanda baca" pada al-qur'an versi arab saudi. yang ingin saya tanyakan, apakah yang menjadi dasar bisa terjadinya perbedaan dalam hal "sistem tanda baca" al-qur'an versi indonesia dengan al-qur'an versi arab saudi? kenapa tidak dibuat saja "sistem tanda baca" tunggal untuk seluruh dunia? apakah ada "sistem tanda baca" yang lain selain "sistem tanda baca" al-qur'an versi indonesia dan al-qur'an versi arab saudi?

    mungkin itu dulu, terima kasih.

    BalasHapus
  13. mohon dibantu untuk yang versi android karena akan sangat membantu sekali terima kasih

    BalasHapus
  14. untuk versi pdf-nya apa ada ustadz? di sekolah saya butuh mushaf juz 28-30 untuk program tahfidz. kalo beli mahal karena berhubungan dengan hak cipta. mohon bantuannya..
    email : ahidayat06@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya halaman2 Al-Qur'an software ini adalah file gambar bertipe jpg yang ada di dalam folder "data". Disitu ada file berekstensi *.fbk, dimulai dari cover.fbk, Quran_Page_001.fbk, Quran_Page_002.fbk, ... sampai Quran_Page_612.fbk. Silakan diubah ekstensi file-file tersebut menjadi *.jpg, maka anda akan mendapatkan file-file gambar seluruh isi mushaf Al-Qur'an ini.

      Hapus
  15. bagus ini mas, jadi bisa baca pas lagi di depan laptop

    BalasHapus
  16. Terima Kasih Banyak mas...ijin download..

    BalasHapus
  17. Klu mau dipakai di iphone gmn ya caranya??? Mohon pencerahannya ada gak Mushaf Indonesianya. Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, saya gak faham dengan iphone, belum pernah pakai.

      Hapus
  18. Maaf..ada tdk versi pdf nya

    jika ada saya minta

    BalasHapus
    Balasan
    1. apakah versi pdfnya boleh dipasang untuk didownload ustad? syukran.

      Hapus
  19. Untuk yang punya blog ini saya berterima kasih sekali semoga kebaikan selalu menyertai anda dan pahala yang tak putus-putusnya dari mereka yang memanfaatkan software ini. Mas tolong minta kontak Hp, kirim ke smp23jk@gmail.com. trima kasih

    BalasHapus
  20. syukron katsiir. apakah ada versi pdf nya? syukron

    BalasHapus
  21. Assalamualaikum ust, izin downoad, terimakasih ust...smoga jd amal jariah...

    BalasHapus